KONSEP SISTEM INFORMASI C

Penerapan sistem informasi management

Sebelum memberikan contoh penerapan tersebut mari kita membahas pengertian sistem informasi management ,pertama sistem yaitu  kumpulan komponen yang terintegrasi untuk mencapai tujuan tertentu, informasi  adalah data yang diolah menjadi suatu yang berguna dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.

Tujuan SIM, yaitu:

ü  Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.

ü  Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.

ü  Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Terdapat 3 peran utama sistem informasi dalam bisnis yaitu :

ü  Mendukung proses bisnis dan operasional

ü  Mendukung pengambilan keputusan

ü  Mendukung strategi untuk keunggulan kompetitif

Contoh penerapan management pada perusahaan mobil seperti mishubishi

LANCER

Dalam sistem penjualan KTB sudah menerapkan Sistem informasi terintegrasi menggunakan internetworking dengan main dealer di seluruh Indonesia terutama untuk suku cadang mobil. Untuk melakukan pemesanan ketersediaan suku cadang dilakukan dengan cara log in dengan user ID lewat PC (personal computer) dengan  Password yang sudah diberikan. Penggunaan internet ternyata hanya untuk pemesanan suku cadang saja belum kepada pemesanan unit mobil yang hingga saat ini masih menggunakan cara manual melalui faksimile atau telepon.

New Picture

Untuk pemasaran yang berbasis web KTB sudah memiliki situs resmi untuk promosi dan penjualan. E-commerce system yang diterapkan oleh KTB ditujukan sebagai media promosi untuk menginformasikan produk dan juga keberadaan perusahaan kepada konsumen luas. Situs yang dimiliki oleh KTB beralamat di www.misthubhsi.com

Situs KTB berisi sejarah perusahaan, visi dan misi perusahaan, bentuk layanan pembelian (syarat, cara memperoleh produk), model produk mobil yang dihasilkan,spesifikasi masing-masing mobil (keunggulan produk), informasi lokasi dealer/cabang dealer,  lokasi layanan service purna jual.

New Picture (1)

Menurut KTB teknologi informasi bisa menjadi solusi untuk dapat beradaptasi dalam lingkungan bisnis yang dinamis. Value atau nilai yang diciptakan dengan menggunakan teknologi informasi yang dirasakan oleh KTB terutama kaitannya dengan masalah efisiensi. Kebutuhan teknologi informasi dengan dana yang besar. Disinilah peran teknologi informasi untuk menciptakan sinergi dalam perusahaan. Sistem yang dikembangkan di KTB merupakan piranti yang dianggap tepat dan mendukung operasional pabrik dan bisnis.

Sistem teknologi informasi dikatakan strategis jika aplikasi dari satu atau lebih sistem-sistem teknologi informasi tersebut mendukung dan melaksanakan atau mengimplementasikan satu atau lebih strategi-strategi kompetisi sebagai berikut:

Cost leadership (keunggulan biaya)

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat mencapai posisi sebagai produsen dengan biaya terendah di dalam industri.

Product differentiation

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menyediakan produk atau jasa yang berbeda atau unik dengan nilai yang lebih besar kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing-pesaing lainnya.

Focus strategy

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membantu perusahaan memfokuskan pada produk atau jasa khusus di suatu niche khusus di dalam organisasi

Innovation strategy

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat menemukan cara khusus dalam berbisnis yaitu dengan menyediakan produk atau jasa inovasi terbaru yang belum dilakukan oleh pesaing-pesaingnya.

Alliance Strategy

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat membuat hubungan kerja sama yang menguntungkan dengan pemasok, perusahaan lain dan bahkan dengan pesaing-pesaingnya

Growth Strategy

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika membantu mengembangkan dan mendiversifikasi pasar

Quality Strategy

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika membantu meningkatkan kualitas dari produk dan jasa.

DAFTAR ISI:

penganalisa mithubishi , http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi_manajemen,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s